Cara Mengetahui Pialang Ilegal di Indonesia

Whatis-forex.com – Dewasa ini tingkat penipuan semakin marak terjadi. Berbagai modus operandi dilakukan oleh para pelakunya untuk menggaet korban. Mulai dari peralatan sehari-hari, hingga yang berhubungan dengan dunia maya pasti pernah mencari target bagi para pelakunya. Berkembangnya sebuah usaha membuat mereka semakin memiliki banyak pilihan untuk melakukan tindak kejahatan. Tidak terlepas dari hal tersebut, akhir-akhir ini banyak penipuan yang mengatasnamakan perusahaan pialang.

Sejatinya, perusahaan pialang atau yang dikenal sebagai broker merupakan bagian yang memberikan fasilitas trading bagi para trader berjangka. Adanya trading ini sudah memiliki kekuatan hukum dan oleh karenanya sebab akibat yang timbul bisa dikenai aturan hukum yang berlaku, yaitu di bawah Departemen Perdagangan. Bisnis ini secara umum menawarkan keuntungan yang berlipat

Dengan semakin banyaknya pialang ilegal yang beredar, maka Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) mengeluarkan daftar nama pialang berjangka ilegal yang beroperasi di beberapa kota, melalui situsnya di Jakarta. Berkenaan dengan itu, Bappebti menghimbau, agar masyarakat berhati-hati menerima tawaran peluang bisnis dalam kegiatan perdagangan berjangka dari pihak-pihak tertentu. Sebab tidak menutup kemungkinan para pialang itu akan mengumbar harapan tentang peluang memperoleh keuntungan yang sangat menggiurkan.

Untuk mengetahui keabsahan pialang di Indonesia, Anda harus mengetahui mulai dari daftar perusahaan, ciri-ciri, dan cara pemasaran yang mereka lakukan. Terlepas dari hal tersebut perkembangan teknologi telah membuat pialang luar negeri ilegal juga marak memberikan iklan menarik. Anda juga harus berhati-hati dengan mereka.

  1. Daftar perusahaan

Adanya UU No. 32 tahun 1997 tentang perdagangan komoditi membuat sebuah pialang sah demi hukum dan dapat perlindungan hukum atasnya. Kemudian untuk menanggulangi penipuan yang marak terjadi, pemerintah membuat daftar perusahaan di situs resmi Bappebti yaitu www.bappebti.go.id. Anda bisa membuka dan melihat daftar perusahaan yang telah mendapat ijin dari Bappebti. Oleh karena itu cobalah untuk cek langsung ketika perusahaan pialang mengatakan bahwa mereka sudah terdaftar di Bappebti.

  1. Ciri-ciri perusahaan ilegal

Meskipun ilegal, sistem trading yang mereka lakukan sama halnya dengan perusahaan pialang resmi. Mereka bukanlah orang-orang sembarangan yang membuka pialang. Hanya saja mungkin mereka belum mendapat ijin resmi yang jelas dari Bappebti. Jika Anda pernah meilihat film The Wolf of Wallstreet, Anda akan menemukan ciri-ciri perusahaan yang ilegal. Biasanya mereka tidak memiliki akun terpisah, sulit untuk penarikan dana Anda, lama proses pencairan dana, dan memiliki nomor yang jelas.

  1. Cara pemasaran

Pemasaran adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis trading. Sebab fasilitas yang ditawarkan bisa menggiurkan mata pembacanya. Biasanya pialang yang ilegal akan menyerang hasrat calon investornya dengan bukti-bukti transaksi yang keuntungannya selangit. Kemudian mereka memiliki banyak cara agar keuntungan menjadi sangat minim. Bagi Anda yang mudah tergiur, cobalah untuk membuka sitis resmi Bappebti dahulu dan membuktikan keberadaan perusahaan pialang tersebut. Jika tidak ada segera tinggalkan dan jangan diambil pusing.