2 Jenis Trader Harian Yang Wajib Diketahui

Whatis-forex.com – Pada artikel sebelumnya Anda telah mengetahui bahwa ada 2 jenis trader  yang memanfaatkan chart untuk bertransaksi, yaitu daily trader dan weekly trader. Seperti yang Anda ketahui bahwa daily trader memanfaatkan pergerakan chart dalam sehari, kemudian menentukan posisinya saat itu juga. Teknik semacam ini juga disebut spekulator karena mereka memprediksi keadan chart dengan teknik dan waktu yang cukup singkat. Para trader ini mempunyai frekuensi trade yang cukup tinggi dan diikuti orientasi keuntungan dalam jumlah yang banyak.

Secara umum, trader jenis ini diklasifikasi menjadi 2, yaitu  trader harian institusi dan trader harian retail. Konsep pembagian jenis ini didasarkan atas tujuan mereka,orientasi, dan bagaimana cara penggunaan teknik. Meskipun demikian keduanya memiliki sumber modal sama sama tergantung tergantung dari berapa jumlah investasi pada mereka. Adapun 2 jenis trade harian ini dapat Anda lihat sebagai berikut:

Trader harian institusi

Sesuai namanya trader ini adalah seseorang atau kelompok yang bekerja untuk sebuah lembaga (institusi). Biasanya mereka akan bekerja pada lembaga keuangan. Bagi mereka yang bekerja secara kelompok yang profesional, maka lebih beik karena mereka dapat membagi tugas antara satu dengan yang lainnya. Ada yang melihat pergerakan pasar saja, membaca berita harian, dan ada yang khusus bagian analisa pasar.

Keuntungan yang didapat dari trader ini adalah mereka dilengkapi oleh fasilitas kantor yang cukup mumpuni. Antara lain alat-alat untuk trade, komputer yang nyaman untuk digunakan, dan apliaksi online yang memudahkan dalam berkomunikasi. Selain itu mereka mudah untuk mengakses berbagai summbre informasi, sehingga data yang mereka butuhkan lebih akuurat.  Hasilnya, trade yang mereka lakukan lebih mayakinkan dengan jenis trader lainnya.

Namun ada satu kekuatan yang menjadi kelemahan mereka. Seluruh dana yang mereka kelola berasal dari lembaga tersebut. Mereka tidak perlu khawatir bagaimana cara mendapatkan dana. Hanya saja dengan demikan sama saja bahwa mereka memiliki resiko yang cukup tinggi jika kehilangan dalam jumlah besar. Minimal mereka membalikkannya dengan memperoleh profit besar atau mereka mengganti kekurangan tersebut jika selalu merugi. Selain itu mereka biasanya bekerja dengan target dari lembaga. Jika mereka tidak bisa memperoleh target, bisa jadi kontrak mereka tidak diperpanjang.

Trader harian retail

Adalah mereka yang bekerja baik secara individu atau kelompok untuk meperoleh keuntungan dengan memprediksi chart harian. Biasanya mereka akan bekerja pada diri mereka sendiri ataupun beberapa kelompok pribadi. Berbeda dari sebelumnya, alat yang mereka gunakan terbatas dari mereka pribadi. Para trader cenderung memaksimalkan fasilitas yang disediakan oleh platform. Oleh karena itu, untuk memperoleh keuntungan yang besar mereka harus bergantung pada teknik analisa mereka.

Keuntungan dan kerugian mereka juga terletak di dana. Pasalnya dana mereka berasal dari diri sendiri maupun patungan jika mereka berkelompok. Akibatnya biasanya dana yang digunakan pada investasi awal tidak banyak sehingga profit juga tidak sebanyak trader sebelumnya. Namun, mereka tidak perlu khawatir karena tidak ada target yang kaku. Kemudian mereka juga tidak perlu khawatir mengganti uang bila merugi, karena uang modal adalah milik mereka pribadi.